Jumat, 23 Januari 2015

Bingung mau lanjut kuliah dimana? Pernah dengar Teknik Material Metalurgi??


Gue tau kalian semua mungkin bertanya-tanya apa sih material metalurgi itu? Dan ga jarang juga ibu-ibu yang nanya ke gue “Sekarang kuliah dimana nis?”, gue jawab “Di ITS jurusan teknik material metalurgi bu..” jawab gue cengar-cengir berharap banget si ibu itu tau gue belajar tentang apaan. “Oooh tau sayaaa...” gue gembira banget nih akhirnya dari sekian banyak yang ga tauuu.. “belajar tentang cuaca itu yaa.. meteo.. apa tadi??” jeng jeng jeng jenggggggg rasanya kayak keselek 3 ton kulit durian!! Kebayang gak? Gak kan? Gue juga ga kebayangg huff seterbelakang itukah pemahaman orang-orang tentang jurusan guee !???

Jujur pertamanya gue juga sama, ga ngerti jurusan material metalurgi itu apaan, tapi gue tau jurusan ini berbau-bau logan dari kata metal nya. Tapi gue mencari tau lebih dalam dan akhirnya
gue mengerti. Jadi material itu mempelajari ilmu bahan, jenis apa aja, mulai dari kekuatannya, kelenturannya, cara mendesainnya, hingga aplikasinya. Dan metalurgi mempelajari ilmu logam, mulai dari bahan mentahnya (ore), sifat mekanisnya, teknik pengolahan dan pemurniannya, proses manufakturnya, hingga pengaplikasiannya. Setelah gue tau itu semua gue semakin tertarik dan inilah yang membuat gue sekarang ada di sini, di Teknik Material dan Metalurgi ITS.

guee sewaktu maba ;)


Setelah gue masuk ke jurusan ini gue semakin paham dan merasa beruntung gue masuk jurusan ini. Pertama, jurusan ini tuh kimia bangeet, and i loooove chemistry. Banyak temen temen gue yang suka kimia masuk Teknik Kimia, dan mereka merasa ditipu! Kenapa?? Ya, ternyata guys, di teknik kimia itu isinya sebagian besar FISIKA!! Oh my, i dont really like physic.. nah, temen temen, maka dari itu alangkah baiknya jika kalian mencari info dalam-dalam tentang jurusan apa yang ingin kalian masuki, hinga detail sedetail-detailnya. Jangan sampe nyesel pokoknya, karena kuliah akan terasa mudah kalo lo suka sama bidang yang lo pelajari.

Nah, yang kedua, jurusan teknik material metalurgi ini jaraaang banget ada di indonesia. Se inget gue cuma ada 7 institusi yg punya: UI, ITB, ITS, UNJANI, UNTIRTA, ITSB dan yang paling baru ITK. Kebayang kan, berarti pertaun lulusannya cuma berapa, dan kalau kalian bayangkan jurusan famous seperti teknik mesin, teknik elektro, arsitektur, lulusannya ada berapa ribu setiap tahunnya. Tentunya menurut gue itu akan meningkatkan persaingan untuk mencari kerja ketika lulus nantinya. Jadi lulusan teknik material metalurgi adalah lulusan yang sangat sedikit dan sangat dicari menurut gue.

Jurusan teknik material metalurgi tampak depan 


Yang ketiga, baru-baru ini dikeluarkannya UU Minerba. Belum pernah denger? Kemana ajeee, itu udah sering ditayangin di berita. Jadi maksudnya kira-kira begini, indonesia sudah tidak diperbolehkan lagi mengekspor bahan tambang ke luar negri dalam bentuk mentah, harus diolah dulu di dalam indonesia. Nah untuk mengolahnya itu dibutuhkan yang namanya smelter, yang belum ada di indonesia. Siapa lagi yang menguasai ilmu di bidang ini? Yapppp kalian benar sekaliiiii! Tidak lain tidak bukan adalah lulusan teknik material dan metalurgi! Yeayyyyy!

Jadi gimana guys? Tertarik dengan material metalurgi? Well, semua orang punya kesukaan, keinginan dan tujuan masing masing, gue sekedar sharing aja tentang apa yang gue pelajarin karena masih banyak yang ga tau tentang ini, padahal ini bidang ilmu yang amat vital, there is no engineering without material. Apapun bidang yang lo kuasai ga akan terlepas dari material. Dan jangan lupa sebelum lanjut kuliah, cari info sebanyak-banyaknya, jangan langsung masuk aja okeey!



Okee deh tetep semangat belajarnya ya temen temen, gapailah cita cita kalian dan jangan pernah menyerah! ;)

2 komentar:

  1. Halo kak. Mau tanya. Kalo prospek kerja dari jurusan tekmametnya itu sendiri buat cewek gimana sih kak? Aku berminat masuk metal. Udah pilih metal juga pas di beberapa ujian. Tp masih blm nemu jawaban yg greget soal pertanyaan aku tadi. Thanks for ur response.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai cantik.. maaf aku baru buka blog lagi sekarang
      gimana kabar tes nya? semoga makin mantep sama pilihannya yaa
      jadi sebenernya prospek kerja dr mamet itu lumayan luas loh.. bisa di industri manufaktur seperti Astra, pertambangan seperti Krakatau Steel, Freeport, antam dan Newmont, bisa di Oil and gas (biasanya bidang corrosion pada piping) seperti Pertamina, chevron, total, schlumberger. Memang sih kalau lulusan teknik itu banyak perusahaan yang maunya cowok, tapi banyak juga perusahaan yang tidak membedakan gender bahkan menunjukkan perhatiannya terhadap engineer cewek. seperti kemarin ada recruitment dari Total bebas kok ga harus cowok, selain itu kemarin juga Schlumberger mengadakan lomba menulis tentang how to kickstart unconventional career as woman engineer. jadi kalo memang kamu berminat ke pekerjaan yg seperti itu ga masalah kok sebagai cewek.
      nah atau mungkin kalau mau yg lebih cewek kamu bisa ke bidang penelitian, atau menjadi dosen ^^ kalo aku sih pengennya apply ke Sucofindo. jadi sucofindo itu perusahaan BUMN yang memberikan semacam sertifikat kelayakan ke perusahaan2 di Indonesia.
      Kurang lebih seperti itu yaa, feel free to ask more ;)

      Hapus